You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Sosialisasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kabupaten Bima

Administrator 14 November 2017 Dibaca 602 Kali
Sosialisasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kabupaten Bima
<header class="post-header">
 

Bima, Rupe.id – Dalam rangka mewujudkan dan meningkatkan pelayanan terhadap akses layanan informasi publik, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes)  Kabupaten Bima bersama Lembaga Kolaborasi Masyarakat Dan Pelayanan Kesejahteraan (KOMPAK) mengelar Implementasi Pelatihan Peningkatan Kapasitas Operator Sistem Informasi Desa (SID) Se-Kabupaten Bima yang selenggarakan di Aula Kantor DPMDes, Selasa (14/11/2017)


 

Menurut Kepala Dinas DPMD kabupaten Bima melalui El-Faisal, SEi,.MM selaku Kepala Bidang Pemerintahan Desa DPMD bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas, pemahaman, pengetahuan dan keterampilan Operator SID se-Kabupaten Bima dalam hal mengoperasikan dan memanfaatkan aplikasi SID bagi Pemerintah Desa. 

"Melalui kegiatan ini, saya berharap kualitas dan kompetensi Operator SID, dapat meningkat, sehingga memberikan peluang yang besar terhadap terlaksananya pengembangan dan pelaksanaan Pelayanan Sistem Informasi Desa yang lebih efektif dan efesien" ucapnya.

Sementara itu, Asrullah Lukman, SH selaku Tutor dari KOMPAK Bima menjelaskan bahwa pelatihan SID tersebut terbagi dalam 2 kategori, yakni pelatihan tingkat dasar dan lanjutan.  Diuraikan pula bahwa Aplikasi SID dapat dioperasikan oleh Desa baik secara Offilne maupun online.

"artinya bapak/ibu tidak usah khawatir jika di desanya tidak ada jaringan. sebab Aplikasi SID ini dapat dijalankan baik secara Offline maupun Online. Adapun berfungsi untuk membantu tata kelola Pemerintah Desa berbasis pada Data elektronik yakni khususnya pada data keadministrasian dan kependudukan. Dengan demikian, adanya aplikasi SID ini, diharapkan tata kelola Pemerintah Desa dapat lebih Cepat dan Mudah terhadap mutu pelayanan" Ucapnya   

Asrullah juga menyebutkan bahwa peranan Operator SID sangat diharapkan dalam membantu Pemerintah Desa memiliki basis data yang valid dan terupdate,  sehingga  perenacaan dan pembangunan desa kedepanya bisa membawa desa kearah yang Maju dan Mandiri. 

Foto : Para Operator SID dari Kecamatan Langgudu


Adapun Hasil pertemuan kegiatan tersebut akhirnya memutuskan, bahwa guna mempercepat implementasi peningkatan Kapasitas Operator SID se-Kabupaten Bima,  maka Desa bekerja sama pihak Kecamatan untuk melaksanakan Pelatihan, dengan ketentuan, Pelatihan dilaksanakan selama 2 hari dan setiap desa wajib mengutus operator SID,  tutor dari KOMPAK,  Narasumber dari DPMDes Kabupaten Bima dan biaya pelatihan akan dibebankan pada APBDes tahun 2017.

Turut Hadir dalam Kegiatan ini diantaranya Operator dari Kecamatan Langgudu, yakni Operator SID Desa Rupe, Waworada, Dumu, dan Desa Doro O''o  bersama seluruh Operator SID dari 18 Kecamatan se-Kabupaten Bima. (red/SID)


<button class="btn btn-primary btn-sm" type="button"></button> <button class="btn btn-info btn-sm" type="button"></button> <button class="btn btn-danger btn-sm" type="button"></button> <button class="btn btn-dark btn-sm" type="button"></button> 
Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image