Hadir dalam Musdes ini diantaranya Camat Langgudu, Unsur Kecamatan, Kepala Desa beserta Perangkatnya, Ketua BPD beserta anggotanya, LPMD, TP.PKK, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Unsur Kesehatan, Kader Posyandu, Kader Pembangunan Manusia, Kepala Dusun, Ketua RT/RW, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Remaja Masjid dan Karang Taruna.

Dalam sambutannya M. Zar’an,.HS selaku Ketua BPD mengatakan Musdes tersebut dilaksanakan untuk merumuskan sejumlah program kerja yang akan dituangkan dalam RPTDes, RKPDes, Sekaligus untuk menjadi acuan dalam penyusunan APBDes di tahun anggaran 2020.

“Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang dirumuskan dalam 6 tahun sekali” ucapnya.

Hal senada ditambahkan Camat Langgudu, Abubakar,SH bahwa Hasil dari penyusunan RKPDes inilah yang kemudian menjadi dasar dari penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) sehingga penyusunan RKPDes itu wajib melibatkan seluruh Perwakilan atau komponen masyarakat.

“Sebab, Prinsip Pembangunan Berdaya guna. Hal ini harus sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Oleh karena itu rumusan penyusunan RKPDes itu berdasarkan dari hasil kesepakatan Musdes ini” tuturnya.

Lebih lanjut, Pj. Kades Rupe Marwin H.Arsyad, S.Pd juga menguraikan bahwa Semua usulan yang dibahas di Musdes, nantinya BPD bersama Pemdes akan mereview, merumuskan semua usulan untuk kemudian ditetapkan dalam program skala prioritas sehingga dapat dimasukan dalan APBDes tahun Anggaran 2020.

Melalui Musdes tersebut kemudian terusulkan beberapa item program Prioritas yakni pada Sektor Kesehatan, Pembangunan dan Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan.

Sebagai bentuk upaya agar usulan tersebut masuk kedalam APBDes 2020, maka BPD siap mengawal usulan tersebut sampai betul-betul terintegrasi kedalam APBDes.

Acara Musdes yang dipimpin langsung oleh Ketua BPD dan berakhir sekitar pukul 13.20 Wita ini, berjalan dengan baik dan lancar. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

MARI BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH DAN BERKELANJUTAN


MENGENAL CALON KEPALA DESA RUPE PERIODE 2020-2026


Baca juga: Panitia-pilkades-rupe-laksanakan-penetapan-dan-pengumuman-daftar-pemilih-tetap/


Baca juga : Pemerintah Desa Rupe Laksanakan Pembentukan Rumah Desa Sehat




KEMBALI MENU UTAMA