Bima, Rupe.id– Calon kepala Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima yang mengikuti Kontestasi Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2019, Menggelar Deklarasi Damai, Minggu (08/12)


Ke-empat Calon Kepala Desa tersebut adalah Jafrin, S.Pd dengan Nomor Urut 1, Adam Malik Nomor Urut 2, Agus Ramlin Nomor urut 3 dan Drs. Mukhtar Nomor Urut 4.

Berpusat di Lapangan Monginsidi Desa Rupe, Kegiatan yang diawali dengan Roadshow atau Kampanye Keliling oleh masing-masing Calon pagi hari ini, turut dihadiri secara langsung oleh Anggota DPRD Kabupaten Bima Dapil IV, Nukrah, S.Sos.


Visi – Misi Calon Kepala Desa Rupe Periode 2020-2026


Hadir Pula Camat Langgudu Abubakar, SH, Kapolsek Langgudu yang diwakili oleh Bripka Abdul Syukur, Danposranmil yang diwakili oleh Serka Juwaidin, Kepala Desa Rupe, Marwin H.Arsyad, S.Pd, Ketua BPD M. Zar’an HS/Anggota, Lebe Na’e Langgudu, TG.H.Muthalib Ali, Unsur Muspika, Ketua/Anggota Panitia Pilkades, Tim Pengwas Pilkades Tingkat/Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pendidikan, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda serta seluruh Tim Sukses dan Simpatisan masing-masing Calon.

Dalam pengantarnya Ketua Panitia, Syamsudin,S.Pd menyebutkan bahwa tujuannya dilaksanakannya Deklarasi Damai adalah untuk menciptakan Iklim Kondusif selama tahapan demi tahapan pilkades digelar terutama jelang hari pemungutan suara, tanggal 16 Desember nanti.

Hal senada disebutkan pula, Nukrah, S.Sos selaku Anggota DPRD Kabupaten Bima dapil IV, yang berpesan kepada Calon Kepala Desa, agar bersaing secara sehat dan tetap menjaga keutuhan di kalangan masyarakat.

“Untuk itu harapan kita bersama, hormati perbedaan yang ada, dan saya pastikan Rupe selalu memberikan yg terbaik.
Insyaallah nanti pelaksanaannya tanggal 16 tetap aman dan saya pastikan hasilnya pun adalah yang terbaik. Siapapun calon yang terpilih adalah yang terbaik” tuturnya.

Camat Langgudu Abubakar, SH menambahkan deklarasi damai ini menjadi salah satu upaya mencegah terjadinya konflik. Menurutnya, Desa Rupe adalah icon Langgudu.  Dari 6 Desa yang menggelar Pilkades di Kecamatan Langgudu, 82 Desa se-kabupaten Bima, Camat Berharap Desa Rupe bisa menunjukan menjadi yang terbaik dalam hal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desanya yang terselenggara secara baik dan kondusif, sehingga bisa masuk 10 terbaik se-kabupaten Bima.

“Ada 6 desa yang akan kita fokuskan untuk maksimalkan dan akan kita profiling kembali menjelang pelaksanaan pilkadesnya. Hari ini semua desa menggelar kegiatan serupa dan kami berharap berjalan aman dan kondusif dan tentu ini semua dapat terwujud dengan komitmen kita bersama agar pilkades ini berjalan aman dan kondusif” harap Camat Langgudu

Selain itu, Camat Langgudu mengapresiasi inisiatif seluruh calon kepala desa yang secara bersama-sama mendeklarasikan Pilkades Tahun 2019 yang Damai, Aman dan Kondusif.

Adapun Deklarasi Damai yang disepakati secara bersama oleh calon Kepala Desa adalah :

"Demi Menjamin Terlaksananya Pemilihan Kepala Desa Rupe Tahun 2019 yang AMAN, DAMAI dan BERMARTABAT, Pada hari ini MINGGU tanggal DELAPAN bulan DESEMBER tahun 2019, bertempat di LAPANGAN MONGINSIDI DESA RUPE, kami Para Calon Kepala Desa dihadapan seluruh Tamu Undangan dan Masyarakat Umum secara bersama-sama SEPAKAT dan BERJANJI bahwa:

  1. Kami Seluruh Calon Kepala Desa siap menciptakan iklim yang kondusif, mematuhi, menta’ati, melaksanakan setiap tahapan baik menjelang pelaksanaan, pada saat pelaksanaan maupun setelah pelaksanaan Pilkades dengan sesuai perundang-undangan yang berlaku.
  2. Kami Seluruh Calon Kepala  Desa Menolak Keras Praktek Money Politik yang dapat mencederai Pesta Demokrasi
  3. Kami Seluruh Calon Kepala Desa, sepakat tidak saling menghujat satu dengan lainnya dan apabila terjadi permasalahan dan atau perbedaan pendapat, diselesaikan dengan musyawarah mufakat, tidak akan terpancing dan terprovokasi, tidak akan mengerakan massa serta tidak akan melakukan tindakan anarkis yang dapat merugikan masyarakat umum.
  4. Kami Seluruh Calon Kepala Desa bersikap “siap menang dan siap kalah” dalam Konstestasi Pilkades Tahun 2019, mendukung siapapun calon yang terpilih dan menghormati semua keputusan Panitia Pilkades dan tidak akan mempermasalahkannya.
  5. Siap mensosialisasikan Deklarasi Damai ini kepada tim sukses, simpatisan, kader maupun pendukung.

Apabila Kami melanggar apa yang tercantum dalam Deklarasi Damai ini, kami bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi dan dituntut sesuai Ketentuan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku"


Pemerintah Desa Rupe sendiri, melalui Pj. Kepala Desa Marwin H.Arsyad, S.Pd meminta dan menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama-sama menciptakan iklim pilkades yang aman dan kondusif, sehingga selama tahapan pilkades dilaksanakan berjalan dengan baik dan lancar.

Usai menyatakan Deklarasi Damai, seluruh calon Kepala menandatangani Pernyataan Deklarasi Damai disaksikan oleh seluruh Tamu Undangan dan masyarakat umum dan diakhiri dengan sesi Dokumentasi Bersama dan penyampaian Orasi Politik. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd


 



SINERGITAS