Bima,Rupe.id– FORSID atau Forum Operator Sistem Informasi Desa Tingkat Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat, resmi dibentuk yang digelar di Aula Kantor Camat Woha (Senin, 23/09/’19)


Pembentukan FORSID Kabupaten Bima ini merupakan Tindak Lanjut dari hasil dan Rekomendasi Lokakarya Replikasi SID se-kabupaten Bima yang digelar Pihak Bappeda Bersama Kompak dan dinas terkait di gedung PKK beberapa Pekan lalu.


Baca juga : Lokakarya-replikasi-sid-hasilkan-sejumlah-rekomendasi/


Rapat Perdana FORSID ini, di hadiri oleh sekitar 97 Operator SID se-kabupaten Bima. Turut hadir H. Antonius, S.STP selaku Kepala Diskominfostik, yang juga selaku Staf Ahli Bupati Bima di bidang Kemasyarakatan dan SDM. Camat Woha diwakili Sekcam Woha, Amiruddin,S.Sos, Kepala Bidang Perencanaan Sosial dan Budaya Bappeda dan Litbang Kabupaten Bima, Raani Wahyuni ST, MT,M.Sc, serta Asrullah Lukman, Selaku Ketua DC KOMPAK Bima-NTB.

Dalam sambutannya, Kepala Diskominfostik sangat mendukung inisiasi Pembentukan FORSID Kabupaten Bima oleh para pegiat SID dalam membantu dan menjamin terwujudnya tata kelola desa yang efektif, efisien dan akuntabel.

“Sistem Informasi Desa ini, sebenarnya bukan hal baru, sebab sudah mulai diperkenalkan sejak 2016 lalu dan itu sudah jelas diatur dalam UU Desa Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 86. Artinya, Gagasan pembentukan FORSID Kabupaten Bima hari ini (23/9), harus kita dukung” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kadis juga berpesan agar Kepala-kepala Desa mulai memperhatikan Pengembangan SID dalam mewujudkan Tata Kelola Desa yang cepat, Akurat dan terupdate.

Sementara itu, pihak Bappeda melalui Raani Wahyuni ST, MT,M.Sc juga menyampaikan sangat mendukung terbentuknya FORSID Kabupaten Bima, guna mendukung kebijakan “One Data Policy” Pemerintah Kabupaten Bima.

Rapat yang dimulai sekitar pukul 09.00 hingga 16.00 wita ini, akhirnya memutuskan Susunan Pengurus Inti yakni:

  • Ketua Umum : Ibrahim,SE
  • Sekretaris Umum : Arifin, S.Pd
  • Wakil Sekretaris : Rustam, S.Pd
  • Bendehara Umum : Esa Nurmansyah, S.Pd.I
  • Wakil Bendehara : Fatur Faidah, SE
  • Wakil Ketua I : Kamaruddin, S.Pd
  • Wakil Ketua II : Firmasyah, S.Kom

Melalui Kesempatan tersebut, Ketua Umum Terpilih berharap, agar  melalui terbentuknya FORSID Bima bisa  menjadi wadah untuk para pegiat dan Operator SID se-Kabupaten Bima dalam membangun desanya demi kemajuan daerah pada umumnya, seiring perkembangan teknologi dan informasi.

Hal senada pun, disampaikan Asrullah Lukman,SH Selaku DC KOMPAK Bima, agar seluruh anggota FORSID dapat bersinergi dalam membangun Desa khususnya di Kabupaten Bima.

“Saya berharap, dengan terbentuknya FORSID Kabupaten Bima, agar seluruh anggota dapat Bekerja dan Bersinergi Membangun Desa Berbasis Sistem Informasi Desa, sehingga menjamin terwujudnya Tata Kelola Desa sesuai Visi-Misi Organisasi ini” tutupnya. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

Baca juga : Lokakarya-replikasi-sid-hasilkan-sejumlah-rekomendasi/


Baca juga : Tim-pembina-kecamatan-memeriksa-hasil-kegiatan-pembangunan-desa-rupe-tahun-anggaran-2019/


Baca juga : Mengenal Calon Kepada Desa Rupe Periode 2020-2026


 SINERGITAS


KEMBALI MENU UTAMA