Bima, Rupe.id– Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Laksanakan Program Peningkatan Fasilitas Pengelolaan Sampah melalui Penyediaan Bak Sampah sebagai upaya menciptakan lingkungan Desa yang bersih dan sehat (Jum’at, 06/09/’19)


Adapun Tujuan dari kegiatan ini yaitu untuk menciptakan lingkungan yang sehat serta mengubah perilaku masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan dan memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa sampah juga berdampak buruk terhadap kesehatan masyarakat Sekitar.

Menurut, Pj. Kepala Desa Rupe, Marwin H. Arsyad, S.Pd bahwa Pemerintah Desa saat ini telah menyediakan 12 Unit Bak Sampah dimana Bak Sampah ini, baru tahap awal akan ditempatkan pada tempat-tempat Strategis/tempat-tempat Umum seperti Pasar Desa, Masjid, Kantor Desa dan Mushollah-Mushollah.

Dikatakan juga bahwa saat ini, Pemerintah Desa bersama warga sedang giat-giatnya melaksanakan gerakan kebersihan di setiap lingkungan RT/RW/Dusun melalui Kegiatan Aksi Bersih Desa Maupun Program Jum’at bersih. Sehingga kedepan, idealnya setiap RT Memiliki lebih dari 4 unit Bak Sampah.

Disebutkan pula bahwa Penyediaan Bak Sampah tersebut merupakan program dibidang layanan dasar yakni Bidang Pembangunan Desa Sub Bidang Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman yang menggunakan Dana Desa (DDS) Tahun Anggaran 2019.

“Saat ini hanya ada 12 Unit Bak sampah yang disediakan Oleh Desa melalui Dana Desa. Dengan Tersedianya Bak Sampah ini, diharapkan warga dapat menjaga lingkungan sekitar, membuang sampah pada tempatnya, sehingga lingkungan Desa terlihat bersih dan sehat” tutup kades. (red/SID)


Redaktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd

Baca juga : Inspiratif, Semua Berkat “Dinda”


SINERGITAS


KEMBALI MENU UTAMA