You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Pentingnya Layanan Dasar di Bidang Kesehatan, Kades Rupe Hadiri Rakorcam Kesehatan Tingkat Kecamatan

Administrator 13 Februari 2020 Dibaca 678 Kali
Pentingnya Layanan Dasar di Bidang Kesehatan, Kades Rupe Hadiri Rakorcam Kesehatan Tingkat Kecamatan

Bima, Rupe.id- Kepala Desa Rupe, Adam Malik menghadiri Rapat Koordinasi Bidang Kesehatan Tingkat Kecamatan yang digelar Pihak Puskesmas Langgudu, (Kamis, 13/02/20)


Bertempat di Aula Puskesmas Langgudu, Rakorcam yang dihadiri secara langsung oleh Camat Langgudu, Kepala-Kepala Desa, UPT terkait, Unsur BPD, Kader Posyandu se-kecamatan Langgudu ini bertujuan untuk mendiskusikan persoalan – persoalan kesehatan yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Langgudu.

Bidang kesehatan merupakan salah satu agenda strategis dalam mewujudkan Visi Bima RAMAH. Peningkatan kinerja sektor kesehatan ditujukan untuk mendorong peningkatan akses masyarakat terhadap pusat-pusat kesehatan dan tercapainya rasio ideal antara sarana dan prasarana kesehatan dengan jumlah penduduk yang dilayani.

Untuk Mewujudkan Visi tersebut, dalam Pengantarnya KUPT Puskesmas Langgudu, Najmah,S.ST menyebutkan bahwa Rakorcam tersebut dimaksudkan dalam rangka membangun komitmen lintas sektor dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat dengan pendekatan promotif dan preventif tanpa meninggalkan kuratif dan rehabilitatif secara terpadu guna mengoptimalkan kesehatan masyarakat di Wilayah Kecamatan Langgudu.

Disebutkan, bahwa saat ini masih terdapat beberapa masalah seperti masalah balita yang Gizi Kurang, Persoalan pola Hidup Sehat seperti Kebiasaan Merokok, Permasalahan sebagian masyarakat yang belum memiliki BPJS, Jamban Sehat, SPAL, Gangguan Jiwa, TBC dan Penyebaran Penyakit Anjing Rabies. Hal itu berdasarkan hasil survey mawas diri di tiap Desa yang dilaksanakan pihak Puskesmas Langgudu. 

“Karena kita masih punya persoalan–persoalan kesehatan, maka dari Rakor ini bermaksud untuk mencari jalan keluar, menghimbau dan mengajak semua lintas sektor untuk mencegah dan bersama–sama memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik untuk masyarakat di Kecamatan Langgudu sehingga lebih baik,” ucapnya

Kehilangan Sesosok Tokoh Pramuka Asal Desa Rupe, Bupati Bima Beri Dukungan Moril


Sementara itu, Camat Langgudu, Rijal Mukhlis, SE dalam arahannya mengatakan atas nama Pemerintah Kecamatan Langgudu menyambut baik Rakor yang dilaksanakan Puskesmas Langgudu, karena menurutnya melalui forum ini diharapkan dapat membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan program pembangunan di bidang kesehatan yang berkelanjutan.

 “Karena itu, dengan berbagai persoalan kesehatan yang dihadapi ini, saya mengharapkan semua mitra kerja di bidang kesehatan harus bergandengan tangan bersama untuk menangani persoalan kesehatan karena pembangunan kesehatan merupakan tanggungjawab bersama mulai dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota bersama seluruh Stakeholder terkait”, Ungkap Camat Langgudu. 

Pada Kesempatan itu pula, Ketua BPD Rupe, Mabrur,S.Pd sepakat agar semua pihak bersama-bersama memiliki komitmen dalam meningkatkan Derajat Kesehatan masyarakat. Di utarakan juga terkait masalah Anjing rabies yang mulai menyebar di Wilayah Kecamatan Langgudu, bahkan telah memakan korban di Desa Rupe, Sehingga Menurutnya pihak UPT dan dinas terkait agar benar-benar memiliki langkah kongkrit mengatasi masalah tersebut.

Menanggapi hal ini, Kepala Desa Rupe, Adam Malik menyebutkan khususnya di Desa Rupe baik di Bidang Infrastruktur maupun Peningkatan Sumber Daya Manusia telah dilaksanakan.

Sejauh ini, tercatat di Desa Rupe terdapat 5 Posyandu yakni Posyandu Oi Wontu, Mekar, Anggrek, Wadu Na'e dan Merpati. Sementara, untuk mendukung layanan dasar pada program kesehatan masyarakat saat ini tersedia Bangunan Posyandu yakni Posyandu Oi Wontu di Dusun Oi Fonu RT.05 dan Posyandu Merpati di Dusun Manggemaci RT.12 dengan total kader sebanyak 25 orang yang tersebar 5 orang per Posyandu dengan harapan memberikan pelayanan yang optimal.

Menurutnya, hal tersebut dimaksudkan dengan tujuan mendukung beragam kegiatan pelayanan dasar yang mencakup pembangunan dan perbaikan sarana-prasarana kesehatan, peningkatan gizi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan lansia, pencegahan dan penanggulangan penyakit menular yang dianggarkan melalui APBDes tahun berjalan sebesar 20 porsen.

Kades juga optimistis pihaknya akan mendukung apa yang menjadi komitmen bersama sehingga mampu mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang merata.

"Insyallah, di Tahun 2020 dari hasil rakorcam hari ini akan kami tindaklanjuti. Mengingat kesehatan masyarakat memang menjadi perhatian khusus kami di tingkat Desa" ucapnya.

Terkait Masalah Peningkatan kesehatan yang ada di Desanya, Kades juga menyebutkan akan dimaksimalkan melalui Dana Desa sesuai visi misinya, sehingga rasio ideal indeks kesehatan masyarakatnya dapat meningkat (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin,S.Pd

BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN 

Berita Populer : Wakil Bupati : "BUMDES Akan Berkembang Bila di Dukung oleh SDM Yang Memadai"


“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image