You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Optimalisasi Layanan Kesehatan, Pemdes Rupe laksanakan Pembinaan Kader Posyandu

Administrator 03 Maret 2020 Dibaca 762 Kali
Optimalisasi Layanan Kesehatan, Pemdes Rupe laksanakan Pembinaan Kader Posyandu

 

Bima, Rupe.id – Guna mewujudkan optimalisasi pelayanan Kesehatan ditingkat Desa, Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima melaksanakan Pembinaan sekaligus Penguatan Tupoksi Para Kader Posyandu, Selasa (03/03/20)



Bertempat di Aula Paruga Rasa Desa Rupe, Rapat yang dipandu langsung oleh Sekretaris Desa, Ikbarrahman,S.Pd ini, dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Rupe, Adam Malik. Hadir pula Ketua BPD, Mabrur,S.Pd  beserta Anggotanya, Aparatur Desa, Bidan Desa, Perwakilan PKM Langgudu dan seluruh Kader Posyandu.

 

Pentingnya Layanan Dasar di Bidang Kesehatan, Kades Rupe Hadiri Rakorcam Kesehatan Tingkat Kecamatan


 

Dalam pengantarnya, Kepala Desa Rupe, Adam Malik memaparkan bahwa Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pembinaan sekaligus penguatan Tugas pokok dan fungsi para kader sebagai pelaksana kegiatan Posyandu dalam rangka mendekatkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat.

Hal ini dimaksudkan Dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, khusus di bidang kesehatan, dengan  pola mengikut-sertakan masyarakat secara aktif dan bertanggung jawab.

Keikut-sertaan masyarakat dalam meningkatkan efisiensi pelayanan adalah atas dasar terbatasnya daya, dan upaya dalam operasional pelayanan kesehatan masyarakat agar memanfaatkan sumber daya yang ada di masyarakat seoptimal mungkin.

Dengan adanya kader posyandu, pelayanan kesehatan yang selama ini dikerjakan oleh petugas kesehatan saja, kini dapat dibantu oleh masyarakat atau kader. Dengan demikian masyarakat bukan hanya merupakan objek pembangunan, tetapi juga merupakan mitra pembangunan itu sendiri. Selanjutnya, jelaslah bahwa pembentukan kader adalah perwujudan pembangunan dalam bidang kesehatan”Ujar Kades.

Kepala Desa juga mengungkapkan bahwa saat ini di Desa Rupe masih memiliki keterbatasan  jumlah sarana dan Prasarana. Sehingga dibutuhkan pemberdayaan masyarakat secara mandiri dan aktif dalam upaya promotif serta preventif terhadap layanan kesehatan masyarakat, baik terhadap bayi, balita, ibu hamil dan anak serta usia lanjut.

“Dan dengan adanya pertemuan bersama kader posyandu ini, kami berharap kader dapat memberikan kinerja dan layanan dasar lebih baik lagi” ungkapnya.

Kepala desa juga menyebutkan sebagai upaya optimalisasi terhadap pelayanan kesehatan maka ditahun 2020, diupayakan adanya peningkatan kapasitas dan jumlah kader posyandu dengan harapan dapat pula meningkatkan pelayanan Kesehatan kepada masyarakat sesuai visi misinya dalam mewujudkan masyarakat Rupe yang Sehat baik jasmani maupun rohani.

Lebih Lanjut, Erni Jauhari, A.Md.Keb mewakili Puskesmas Langgudu, menyebutkan bahwa Adapun tugas dan fungsi kader posyandu diantaranya : Melakukan persiapan penyelenggaraan kegiatan Posyandu, Menyebarluaskan informasi tentang hari buka Posyandu melalui pertemuan masyarakat setempat atau surat edaran. Melakukan pembagian tugas antar kader, meliputi kader yang menangani pendaftaran, penimbangan, penyuluhan, pencatatan, pemberian makanan tambahan, serta pelayanan yang dapat dilakukan oleh kader. Melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan atau petugas lainnya. Sebelum pelaksanaan kegiatan kader melakukan koordinasi dengan petugas kesehatan dan petugas lainnya terkait dengan jenis layanan yang akan diselenggarakan. Jenis kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Posyandu sebelumnya atau rencana kegiatan yang telah ditetapkan berikutnya.

Erni Jauhari juga meminta agar para Kader Posyandu dapat menyampaikan atau menginformasikan hasil kegiatan Posyandu secara berkala baik kepada Pemerintah Desa maupun Pihak Puskesmas guna mengusulkan dukungan agar Posyandu dapat terus berjalan dengan baik dan optimal.

"Mempelajari Sistem Informasi Posyandu (SIP). SIP adalah sistem pencatatan data atau informasi tentang pelayanan yang diselenggarakan di Posyandu, dan memasukkan kegiatan Posyandu tersebut dalam SIP"ucapnya

Adapun Manfaat SIP ini adalah sebagai acuan bagi kader Posyandu Desa untuk memahami permasalahan yang ada, sehingga dapat mengembangkan jenis kegiatan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sasaran’ Terangnya.

Lebih lanjut diuraikan bahwa saat ini Kader Posyandu menjalankan beberapa fungsi diantaranya sebagai kader posyandu Balita, Lansia, Gizi, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan KB.

Kader Posyandu Balita bertugas di posyandu dengan kegiatan rutin setiap bulannya melakukan pendaftaran, pencatatan, penimbangan bayi dan balita. Kader Posyandu Lansia, Kader yang bertugas di posyandu dengan kegiatan rutin setiap bulannya membantu petugas kesehatan saat pemeriksaan kesehatan pasien lansia. Kader Masalah Gizi, Kader yang bertugas membantu  petugas puskesmas melakukan pendataan, penimbangan bayi dan balita yang mengalami gangguan gizi (malnutrisi). Kader Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kader yang bertugas membantu  bidan puskesmas melakukan pendataan, pemeriksaan ibu hamil dan anak-anak yang mengalami gangguan kesehatan (penyakit). Kader Keluarga Berencana (KB), Kader yang bertugas membantu  petugas KB melakukan pendataan, pelaksanaan pelayanan KB kepada pasangan usia subur di lingkungan tempat tinggalnya.

“Dengan demikian Tujuan Pembentukan dan pembinaan Kader Posyandu adalah memiliki Multifungsi dengan tujuan Dalam rangka mensukseskan pembangunan nasional, khusus di bidang kesehatan”. harapannya melalui pertemuan ini pelayanan kesehatan di desa kita, lebih baik dan optimal" tutupnya (red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin,S.Pd

BERSAMA MEMBANGUN BIMA RAMAH BERKELANJUTAN 

Berita Lainnya: Pentingnya Layanan Dasar di Bidang Kesehatan, Kades Rupe Hadiri Rakorcam Kesehatan Tingkat Kecamatan

“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”



SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image