You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Bumdes “Rupe” dinilai Tim Lomba Bumdes Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Administrator 27 Mei 2020 Dibaca 700 Kali
Bumdes “Rupe” dinilai Tim Lomba Bumdes Tingkat Kabupaten Tahun 2020

Bima, Rupe.id –  Tim Penilai Lomba Bumdes Tingkat Kabupaten Bima Tahun 2020, mengunjungi dan menilai Bumdes “Rupe” Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima, Rabu (27/05/20)


Bumdes “Rupe” merupakan salah satu peserta Lomba dari 191 Desa di 18 Kecamatan se-Kabupaten Bima. Khusus di Kecamatan Langgudu sendiri, Bumdes “Rupe” merupakan perwakilan dari 15 Desa yang ada.  

Kehadiran Tim Penilai Lomba, disambut langsung oleh Kepada Desa Rupe beserta Jajarannya, Pengurus Bumdes, BPD Desa setempat dan Pendamping Desa.

Dalam Sambutannya, Kepala Desa Rupe Adam, mengucapkan selamat datang Kepada Tim Penilai Lomba di Desa Rupe, khususnya di Badan Usaha Milik Desa dan berharap agar Bumdes di Desanya dapat berkembang dalam meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Mini Market BUMDes Desa Rupe, dinilai cukup inovatif


 “Kami ucapkan Selamat Datang, mohon kami diajari, supaya Bumdes kami bisa berkembang, sesuai harapan kita bersama” Sambut Kades.

Masih menurut orang nomor satu di Desa Rupe tersebut, bahwa saat ini Bumdes Rupe merupakan Bumdes Pemula, sehingga pengurus masih banyak belajar dari Bumdes-Bumdes di Kabupaten Bima yang sudah sukses dan Berhasil.

“Sementara ini, Ada dua unit usaha yang Kami kelola yakni Bumdes Mart dan Simpan – Pinjam” Ungkap Kades.

Sementara Itu, Ketua Tim Penilai dari Dinas PMD Kabupaten Bima, Abubakar, S.Sos bersama timnya diantaranya, M.Din, Arniati, S.Sos, L.Hermawan.S, dan M.Nasrullah, mengatakan bahwa, peran serta Kepala Desa sangat menentukan arah Perkembangan atau tidaknya suatu Bumdes di Desa.

Selanjutnya, Abukakar, S.Sos yang biasa disapa Om Bek, juga menjelaskan bahwa Indikator yang dinilai pada Lomba Bumdes Tingkat Kabupaten mulai dari Kelengkapan Administrasi, Perkembangan Bumdes, Permasalahan yang dihadapi, Kerjasama, Inovasi, Aset dan Pembukuan.

Sementara itu, Dihadapan Tim Penilai Direktur Bumdes Jirman, S.Pd didampingi Bendeharanya Kamaruddin, S.Pd dan Kepala Unit, ST Hafifah dan Asiah, memperkenalkan Struktur Kepengurusan Bumdes Masa Bakti 2020-2025 serta bagaimana progress Bumdes 3 bulan terakhir melalui Laporan Mini Triwulan.

Ia juga menyebutkan bahwa Hasil penialain dari Tim lomba tentunya akan menjadi motivasi sekaligus barometer bagaiamana Proses Perkembangan Bumdes kedepannya.

Foto : Pengurus Bumdes "Rupe" Bersama Tim Penilai Lomba Tk. Kabupaten / red


“Semua diperiksa oleh Tim Penilai, Mulai dari Kelengkapan Administrasi, SK Pengurus, Perdes, AD/ART, Buku Keuangan dan Non Keuangan” Ungkapnya.

Direktur Bumdes “Rupe” juga menyadari, walaupun Pengelolaan Bumdes “Rupe” masih tergolong pemula dan seumur jagung, namun pihaknya merasa bangga dipercayakan untuk mewakili Bumdes yang ada di Kecamatan Langgudu.  

“Ini merupakan suatu penghargaan bagi Kami di Desa Rupe, dipercayakan mewakili Bumdes yang ada di Kecamatan Langgudu. Semoga Kedepan Bumdes kami terus berkembang dan Harapannya kami bisa menjadi yang terbaik dan mengikuti bumdes-bumdes yang sudah sukses”, Harapnya.

Diakhir Pertemuan, Tim Penilai Lomba berpesan, “Dari lomba ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing, Inovasi dan kreatifitas bagi pengelola serta Kerjasama Antar Bumdes sehingga dapat meningkatkan Kesejahteraan, Pendapatan Asli Desa termasuk menciptakan produk unggulan Desa” pesan Abubakar, S.Sos Selaku Kabid Perekenomian PMD Kabupaten Bima .(red/SID)


Redaktor/Editor: Kamaruddin, S.Pd

 


Top Populer : Ditengah Wabah Pandemi Covid-19, Bumdes Rupe sediakan Paket Murah Ramadhan Bagi Warga

Gambar mungkin berisi: makanan

“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


SINERGITAS

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image