You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

DPMPD Dukcapil Prov. NTB Gelar Bimtek Virtual lntegrasi Data Penerima JPS Pada SID

Administrator 07 Juli 2020 Dibaca 693 Kali
DPMPD Dukcapil Prov. NTB Gelar Bimtek Virtual lntegrasi Data Penerima JPS Pada SID

Bima,Rupe.id -  Dalam rangka mendukung penguatan Tatakelola Pemerintahan Desa dalam Pengelolaan BLT-Dana Desa dan JPS lainnya, maka DPMPD Dukcapil Prov. NTB bekerjasama dengan Tim KOMPAK NTB yang difasilitasi oleh Komunitas OpenDesa menggelar Virtual Bimbingan teknis Operator SID melalui Aplikasi Zoom Meeting, Selasa (07/07/20)


Bimtek Virtual yang sebelumnya dilaksanakan Uji Zoom Meeting, Senin (06/07/20) Secara Resmi dibuka Oleh Kepala DPMPD Dukcapil Prov. NTB melalui Provincial Manager KOMPAK NTB dan diikuti oleh 51 Peserta diantaranya 36 Perwakilan Operator SID se-Kabupaten Bima dan 13 Operator SID dari Kabupaten Sumbawa, Pihak DPMD Kabupaten Lombok Timur, DPMD Kabupaten Sumbawa, DPMDes Kabupaten Bima, Pihak Bappeda, District Coordinator KOMPAK Masing-Masing Wilayah yakni Tim KOMPAK Kabupaten Bima, Tim KOMPAK Kabupaten Sumbawa dan Tim KOMPAK NTB.

Dalam Pengantarnya Anja W Kusuma, selaku Provincial Manager KOMPAK NTB  mengatakan bahwa Bimtek Virtual tersebut Merupakan upaya DPMPD Dukcapil Prov. NTB untuk mengoptimalkan Sistim Informasi Desa (SlD) sebagai media pendukung peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BLT-Dana Desa dan JPS lainnya.

“Untuk memenuhi hajat tersebut, DPMPD Dukcapil Prov. NTB didukung oleh KOMPAK NTB melaksanakan Bimtek kepada operator SID tentang intergrasi data penerima JPS, termasuk BLT-Dana Desa ke dalam aplikasi Sistim lnformasi Desa (SlD) dengan tujuan peningkatan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan BLT-Dana Desa dan JPS lainnya” Ujar Anja W Kusuma dalam  Video Zoom Meeting berdurasi 5 menit, Selasa (7/7) 09:24 AM

Foto: Zoom Meeting Bimtek Virtual lntegrasi Data Penerima JPS Pada SID , Senin (6/7/2020) Sumber.SID-003

Baca Juga : Pulihkan Ekonomi Desa, Kemdes Beri Pendampingan untuk BUMDes


Sementara itu, Hernindya Wisnuadji sebagai Narasumber yang juga merupakan Ketua Umum Komunitas OpenDesa Nasional 2020-203 mengungkapkan Pengembangan Sistem Informasi Desa di Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa berkembang cukup Pesat. Oleh sebab itu, Hernindya Wisnuadji yang biasa disapa Adjie W berharap agar melalui Bimtek Virtual tersebut Peserta mendapatkan informasi tentang pentingnya SID dalam mendukung penguatan tatakelola Pemerintahan Desa, mampu memasang aplikasi OpenSID terbaru, mengetahui fitur untuk input data penerima JPS/BLT dan terampil melakukan inputing data penerima JPS ke dalam aplikasi SID 20.07 atau 20.07 Pasca baik Offline maupun Online.

Lebih Lanjut Asrullah,SH selaku District Coordinator KOMPAK  Kabupaten Bima menambahkan bahwa Bimtek Virtual tersebut selain melibatkan Operator SID Binaan KOMPAK juga melibatkan beberapa Operator SID diluar Binaan KOMPAK Seperti Operator SID Desa Rupe-Langgudu, Desa Teke-Palibelo, Desa Soro Lambu dan Desa Jia-Sape, dengan harapan Output dari Kegiatan tesebut, para Operator yang mengikuti Bimtek dapat menularkan pengetahuan dan keterampilannya kepada para Operator SID di tiap Desa masing-masing Kecamatan.

Bimtek yang dimulai pukul 08.30 hingga 14.10 Wita ini, menyajikan beberapa materi pelatihan diantaranya : Arti pentingnya Sistim Informasi Desa dalam rangka mendukung penguatan tatakelola Pemerintahan Desa, Teknik instalasi aplikasi OpenSID dan pengenalan fitur untuk input data penerima JPS/BLT, Praktek inputing data penerima BLT/JPS dan troubleshooting.

Di Akhir Sesi, akhirnya Seluruh Peserta menyepakati RKTL Post-Test online dengan rencana aksi untuk menginput seluruh data penerima JPS ke dalam aplikasi SID yang ditargetkan rampung hingga akhir September 2020 Mendatang. (red/SID)


Readktor/Editor : Kamaruddin, S.Pd


"DONASI PEMBANGUNAN MASJID AL-IHSAN DESA RUPE "INVESTASI RUMAH DI SURGA"

“Mari Beramal Jariyah, Harta Berkah Sedekah Jariyah. Pahala Ngalir Hingga Yaumul Qiyamah”


Kepala Desa Rupe; Himbau Cegah Penyebaran Wabah Virus Corona (Covid-19)

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image