You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Mengenal Tokoh Bola Rupe, PS.Gelombang Generasi Pertama (Tahun 1957)

Administrator 09 Juli 2022 Dibaca 365 Kali
Mengenal Tokoh Bola Rupe, PS.Gelombang Generasi Pertama (Tahun 1957)

Bima, Rupe.id- Seperti yang kita ketahui bahwa sejarah dan asal usul  sepak bola modern pertama kali hadir di Inggris. Penyebaran cabang olahraga ini terus meluas hingga ketanah air tahun 1900-an. (Sumber : wikipedia/sejarah asal usul bola/sepak bola di Indonesia)

Sepak bola untuk pertama kalinya resmi masuk sebagai cabang olahraga di Olimpiade Indonesia pada tahun 1908.

Indonesia merupakan negara Asia Tenggara pertama yang menembus perempat final Olimpiade, tepatnya pada tahun 1956. Sehingga Olahraga Bola menyebar begitu cepat keseluruh Daerah di Tanah Air, termasuk di Desa Rupe, Bima, Nusa Tenggara Barat.

Lalu tahukah kita, siapa Generasi PS.Gelombang Pertama di Desa Rupe?

Sejarah mencatat bahwa, Persatuan Sepak Bola Gelombang atau populer dikenal PS.Gelombang, pertama kali muncul tahun 1954 dan diresmikan tahun 1957, yakni Organisasi atau Persatuan Sepak Bola yang mengatur tentang olahraga sepak bola di Desa Rupe. Saat itu Desa Rupe memiliki wilayah geografis yang luas, meliputi Rupe, Sambane, Dumu (Rore, Oi U'a), Nggira dan Karampi, Sido (Sarae Ruma) yang sekarang sudah mekar dan menjadi Desa masing-masing.

Kehadiran organisasi sepak bola yang tergabung dalam Organisasi Persatuan Sepakbola Gelombang membawa dampak positif bagi perkembangan olahraga persepakbolaan di Desa Rupe, sebab dijadikan sebagai wadah pemersatu pecinta olahraga sepak bola saat itu.

Adapun Generasi Pertama PS.Gelombang Desa Rupe saat itu yakni Guru Nor Usman, Lebe Na'e Guru Sidik, Haji Ama Nasrun, Arsyad Londe, H.Alwi Abu Fa'i, H.Yusuf Sadi, Hamzah Ama Kahi, Mansyur Abu Chair, Muhdar Tayeb, H.Idris Sila, Guru Anwar HS, Toyib, Abdurrahman Wa'i  Wia dan Dae Medo.

Itulah Daftar nama-nama Pemain PS.Gelombang Generasi Pertama dan merupakan Tokoh Sepak Bola yang menggagas lahirnya Klub PS.Gelombang tahun 1957.

Baca juga : PS.Gelombang Taklukan PS.Porcak Wawo | Liga Askab PSSI Bima

Semoga adanya tulisan ini, menjadi sumber pengetahuan bagi Generasi Muda, Generasi bola dan atlet Generasi Penerus Persepakbolaan yang ada di Desa kita tercinta.

Demi kesempurnaan tulisan, mohon saran dan masukan (*Admin).

Sumber : TGH. Aziz AB (Group WhattshApp Bima Timur)

Editor : Kamaruddin,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image