You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.
Loading...
Logo Desa Rupe
Desa Rupe

Kec. Langgudu, Kab. Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat

Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Website ini mengunakan Aplikasi OpenSID, dirancang dan dikelola supaya terbuka bagi masyarakat dan pemangku kebijakan #SahabatDesa, disini anda bisa mengakses informasi tentang Penyelenggaraan Kepemerintahan, Pembangunan Kawasan Pedesaan, Pemberdayaan dan Pembinaan Kemasyarakatan Untuk Informasi Pengajuan Publik, silahkan klik menu e-PPID atau Layanan Mandiri. Informasi lebih lanjut Hubungi Operator Desa Jam Pelayanan Senin s.d Jum'at Pukul 08.00 - 15.30 wita. Alamat Kantor, Jl. Lintas Provinsi Tente – Karumbu. Hari Libur : TUTUP Informasi lainnya, dapat juga diakses melalui Halaman Facebook Pemerintah Desa Rupe. Terus Update dan ikuti Perkembangan informasinya. Terimakasih, Salam Berdesa!!!

Kunjungan Rumah ODGJ Puskesmas Langgudu di Desa Rupe

Administrator 28 September 2022 Dibaca 227 Kali
Kunjungan Rumah ODGJ Puskesmas Langgudu di Desa Rupe

Bima, Rupe.id- Dalam rangka mendata serta mendeteksi Kondisi ODGJ di wilayah Kerja Puskesmas Langgudu, Kepala UPT PKM Langgudu Bersama Kepala Desa Rupe dan Lintas Sektor melakukan Kunjungan Rumah kepada ODGJ di Desa Rupe, pada Rabu pagi (28/09/2022)

Kunjungan rumah adalah kegiatan untuk mendata serta mendeteksi kondisi ODGJ dalam kaitannya dengan tingkat gangguan kejiwaan yang dideritanya. 

Banyak masyarakat menganggap bahwa ODGJ sebagai pelaku dalam tindak kejahatan, sehingga keluarga memasungnya karena dianggap meresahkan masyarakat. 

Hal tersebut secara tidak langsung telah membuat mereka menjadi korban. 

Oleh karena itu, UPT Puskesmas Langgudu secara rutin melakukan kunjungan rumah untuk ODGJ di wilayah Kecamatan Langgudu.

"Kunjungan rumah pasien ODGJ bersama linsek merupakan upaya meningkatkan SPM jiwa dengan pendekatan keluarga"ucap Najmah,S.ST selaku Kepala UPT PKM Langgudu usai melakukan kunjungan rumah ODGJ di Desa Rupe, Rabu pagi (28/09/2022) setelah dikonfirmasi secara terpisah melalui via WhattsApp di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, kata Kepala UPT PKM Langgudu bahwa tujuan kunjungan rumah ODGJ tersebut adalah untuk mengecek apakah pasien sudah pernah diperiksa di fasilitas kesehatan atau belum, apakah pasien sudah mengonsumsi obat-obatan untuk gangguan jiwa dan apakah pasien rutin minum obat.

"Kunjungan ini untuk memantau perkembangan pasien, misal setelah rutin minum obat apakah ada kemajuan atau tidak. Selain itu kita selalu memotivasi agar pasien tetap semangat minum obat dan tidak malu untuk diperiksa ke puskesmas apabila ada keluhan, karena pasien ODGJ seringkali berawal dari depresi ringan yang tidak dikelola dengan baik sehingga semakin parah" ungkap Najmah,S.ST.

Berdasarkan Kunjungan Rumah terdata ODGJ di Desa Rupe sebanyak 29 orang.

Hadir dalam kegiatan ini diantaranya Rombongan Kepala dan Petugas UPT Puskesmas Langgudu didampingi langsung oleh Kepala Desa Rupe bersama Babinsa dan Babintrantibum.(red/SID)

Redaktor/Editor : Kamaruddin,S.Pd

Beri Komentar
Komentar baru terbit setelah disetujui oleh admin
CAPTCHA Image