Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Desa Rupe Kecamatan Langgudu Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat Sistem Informasi Desa (SID) adalah Sistem Olah Data Berbasis Komputer yang dapat dikelola oleh Pemerintah Desa Berbasis Website

Artikel

Legenda

16 Desember 2018 00:25:59  DESA RUPE  7.181 Kali Dibaca 

LEGENDA / KEAJAIBAN ALAM

Wadu La Mi’a

Wadu dalam bahasa Indonesia artinya (batu). La Mi’a : nama orang

Ada sebuah batu yang bernama la Mi’a berada di lokasi pantai Desa Rupe tepatnya di tanjung toronuntu ±100 m sebelah timur tanjung torornuntu. Jarak drai Desa Rupe ketempat tersebut ± 5 km. semula wadu la Mi’a mempunyai cerita, ada sepasang suami istri yang tinggal diwilayah Desa Rupe tepatnya di rasa To’i. pada suatu hari sang suami meminta izin pada istri agar diperbolehkan untuk pergi berlayar (lao loja) ke pulau sumba, tujuan sang suami lao loja adalah untuk mencari modal buat kehidupan mereka. Ketika sang suami berangkat dari rumah menunju kepantai tanjung toronuntudengan mengendarai seekor kuda jantan putih bergandengan dengan seorang istri tercinta la Mi’a menuju pantai dalam mengantarkan sang suami yang pergi berlayar (lao loja).

Setiba di pantai sang suami masuk kesebuah perahu layar dan siap untuk berangkat , semantara sang istri seorang diri ditingglakan di tepi pantai dengan berat hati yang diiringi rasa sedih yang tiada taranya sambil bercucurkan air mata dalam hati yang gundah melepas kepergian sang suami, sebaliknya sang suami yang berada di atas kapal melambaikan tangan sambil menatap istrinya yang duduk di atas sebuah batu dengan menutup kepala (rimpu) pakai kain batik yang berwarna bunga hijau dasar putih sambil memegang cerek berisi air di tangan kiri, sementara tangan kananya melambai-lambai dalam membalas lambaian tangan sang suami tercinta.

Sedikit demi sedikit telah berlayar menjauh dari pantai sampai batas pandangpun berakhir. Tangisan la Mi’a meraung-raung sambil duduk termenung seorang diri memikirkan nasib keberangkatan sang suami. Sore hari menjelang magribpulanglah la Mi’akerumahnya. Dalam waktu satu minggu la Mi’a selalu berada di pantai. Namun yang selalu diingat bahwa sebelum berangkat keduanya berjanji akan bertemu kembali dalam jangka waktu tiga bulan.

Buah pemikiran la Mi’a selalu mengingat akan perjanjian dengan sang suami tercinta yang membuat la Mi’a enggan meninggalkan pantai toronuntu, bahkan bulan perjanjian telah dilewati yang membuat pemikiran laMi’a kuat untuk selamanya berada dipantai. Sehingga akhir cerita la Mi’a dengan cerek yang berisi air dan sehelai batik yang menutup kepalanya berubah menjadi batu yang menjadi saksi hidup pada segala zaman. Batu tersebut diberi nama wadu la Mi’a.


Kopa La Koka (Telapak Kaki Mahluk Raksasa)

Dalam ilmu geografi yang member gambaran tentang terjadinay lautan dan daratan berawal dari letusan atas adanya dua kekuatan yaitu kekuatan eksogen dan kekuatan endogen. Berkaitan dengan sejarah terbentuknya perairan dan daratan di Desa Rupe memiliki cerita, bahwa dari hasil injakkan telapak kaki mahluk raksasa yang bernama la Koka (penulis masih mencari data dan informasi yang valid tentang sejarah la Koka), pada suatu waktu pecahnya geografis wilaya desa Rupe menjadi perairan dan daratan dengan scenario ceritanya.

La Koka adalah mahluk raksasa yang memilki kekuatan injakan tealpak kaki yang amat dahsyat, sehingga terjadi getaran yang menyebabkan hancurnya daratan tersebut terbentuklah sebuah teluk yang diberi nama teluk waworada (konon ceritanya). Sebgai bukti sejarah bahwa kopa lakoka yang amat dahsyat itu tertapak di atas dua buah batu yaitu telapak kaki kanannya berada di pantai baba, sedangkan telapak kaki kirinya berada di pantai sebelah timur desa Rompo.

Menurut cerita bahwa mahluk raksasa yang bernama la Koka memiliki tubuh dengan tinggi badan ± 35 km, lebar posturnya ± 10 km panjang langkahnya ± 12 km dan beratbadanya ± 350.000.000 ton.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Lintas Tente-Karumbu
Desa : Rupe
Kecamatan : Langgudu
Kabupaten : Bima
Kodepos : 84171
Telepon : 081281801321
Email : desarupe@bimakab.go.id

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Statistik Penduduk

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:63
    Kemarin:308
    Total Pengunjung:81.701
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.238.107.166
    Browser:Tidak ditemukan

Sinergi Program

Desarupe.web.id Bimakab.go.id
OpenSID Menuju Desa Digital Komisi Informasi NTB
kemendesa.go.id
Kabar Desa NTB

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Arsip Artikel

18 Agustus 2017 | 7.243 Kali
Sejarah Desa
10 Oktober 2019 | 7.214 Kali
Struktur Pengurus Rumah Desa Sehat
30 Agustus 2019 | 7.207 Kali
Visi Misi
30 Agustus 2019 | 7.205 Kali
Profil Wilayah Desa
30 Agustus 2019 | 7.195 Kali
Logo Desa
30 Agustus 2019 | 7.193 Kali
Struktur Organisasi Pemerintah Desa
16 Desember 2018 | 7.181 Kali
Legenda

Komentar Terkini